Tuesday, July 30, 2013

Masalah Kutil Pada Paruh DOC

kutil DOC
Berbicara dengan teman-teman di facebook page sangat mengasyikkan. Selain bisa berbagi serta mengetahui info terbaru dan mengulas berbagai masalah yang dialamai para peternak pemula seperti saya. Dalam facebook page tersebut rekan peternak ayam kampung bertanya tentang masalah DOC yang baru dihadapi. Yaitu masalah kutil pada hidung atau sekitar paruh DOC ayam kampung. Dan berikut masalah kutil hidung pada DOC.
kutil pada DOC ayam kampung
Dari percakapan tersebut kami ingin mengulas masalah tersebut pada artikel ini. Memang masalah DOC sering muncul dari pada ayam dewasa. Pada pre starter DOC sering sekali kita menemukan masalah-masalah kecil. Namun masalah kecil tersebut pada usia muda akan berakibat buruk pada pertumbuhannya. DOC anda pernah mengalami masalah kutil ini juga? Mari kita telusuri penyebabnya. 

1.Tanda-tanda
Pada awalnya paruh ayam sekitar hidung atau pangkal paruh akan terlihat berdarah atau kemerah-merahan. Jika dibiarkan atau berlanjut akan mengeluarkan darah. Darah ini kemudian membeku dan membentuk gumpalan kasar di area paruh bagian tengah pada pangkalnya. Terlihat seperti kutil atau bisul pada paruh ayam (lihat gambar 1)

2. Penyebab.
a. Penyakit
Jika dari tanda-tanda tersebut merupakan penyebab dari penyakit, maka sebabnya adalah parasit pada ayam. Parasit ini sering terjadi 1 atau 2 tahun sekali dalam semusim. Anak ayam yang diumbar atau dibesarkan induknya rata-rata 70% ke atas anak ayam mengalami hal serupa. Biasanya adalah pengaruh cuaca dan virus parasit. Penyakit ini tidak berbahaya dan akan hilang dalam usia 2 bulan. Penyakit ini jarang sekali menyerang ayam dewasa atau induk. Bisa dikatakan ayam usia lebih dari 3 bulan jarang sekali terkena.
b. Kandang
Jika masalah ini terjadi pada sebagian kecil anak ayam, misal dari 100 koloni hanya menyerang 10 ekor maka penyebabnya adalah masalah kandang. Apakah kandang DOC anda memakai strimin di setiap sisinya? Jika iya, itulah masalahnya. Pengalaman kami adalah ayam mengejar nyamuk atau benda/makhluk terbang dan ingin mematuknya, sehingga paruh ayam akan 'nyangkut' di setiap lubang strimin. Setelah pendarahan biasanya terjadi gumpalan seperti kutil pada paruhnya. 

Bisa juga karena kandang terlau banyak kawat berkarat, kayu yang kurang halus, paku, bambu yang belum diraut dll dapat menyebabkan masalah ini.

3. Mengobati
Untuk pengobatan karena masalah ini saya rasa tidak begitu besar maka hanya saya biarkan begitu saja. Namun jika ingin diobati adalah memakai obat alami pun dapat dilakukan seperti menggunakan batang daun iodium, atau menggunakan obat merah.

4. Pencegahan/Tips
Setelah kami mengalami kejadian seperti masalah kutil di atas kami tidak lagi menggunakan strimin sebagai kandang DOC. Sebagai gantinya kami menggunakan benda atau sekat tertutup seperti kardus, triplex, plastik dll yang tidak ada lubang di area dinding kandang DOC. 

Seperti itulah pengalaman kami menangani masalah kutil pada DOC ayam kampung. Jika ada pertanyaan masalah ini mohon komentar atau kunjungi facebook page kami untuk respon langsung. Akhir kata sukses peternak ayam kampung Indonesia!

Suka dengan artikel ini? Bagikan ke media sosial anda

5 Komentar:

  1. kl saya adanya di kelopak mata,awalnya cuma satu terus menular ke temannya. DOC umur 1 minggu,kandang memang dari kawat ram yg dilapis karung.pengobatannya gimana ya? sejauh ini nafsu makannya msh normal sih,tq

    ReplyDelete
  2. saya baru belajar beternak ayam...sampai saat ini saya masih memeliki masalah di penjualan....atau mencari pembeli/pengepul ayam kampung

    ReplyDelete
  3. saya juga punya DOC yang tumbuh seperti kutil di samping paruh nya...
    usia ayam sudah hampir 2 bulan, nafsu makan normal..
    tapi pertumbuhan DOC jadi terhambat, yang lain uda pada besar sedangkan yang punya kutil di dekat paruh nya ini tidak bisa besar...

    gimana cara mengobati / menghilangkan kutil nya yah ?
    mohon bimbingan nya.. thanks before :)

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas informasinya saya punya sedikit tips juga untuk ternak bebek telur kunjungi di www.ngixayu.com

    ReplyDelete
  5. ternak ayam di http://www.pulletfarm.com

    ReplyDelete

Anda pengunjung baru? Lihat cara beternak ayam kampung di Halaman Utama Ternak Ayam Kampung Artikel baru akan selalu tampil lebih awal.

 
Copyright © 2010-2014 Ternak Ayam Kampung • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top