Monday, December 24, 2012

Manajemen Brooding DOC Sederhana

brooder sederhana
Sahabat ternak, membuat brooder walaupun sederhana namun dengan benar akan menjamin keberhasilan dalam sistem pemeliharaan ayam kampung kedepannya. Bagaimana brooder sederhana namun mampu mencukupi kebutuhan ayam kampung? Kami ada sedikit teknik mengenai membuat brooder DOC sederhana namun efektif dan efisien. Anda sedang memelihara DOC (umur 1-7 hari) juga? Baiklah mari kita bahas.

Brooder adalah kandang untuk ayam usia 1-7 hari. Pada umumnya para peternak ayam menyebut brooder DOC. Sedangkan pembesaran ayam buras dalam masa ini disebut brooding DOC. Apa perbedaan brooder dengan kandang pembesaran? Berikut penjelasannya

Saat ayam anda menginjak pada masa ini DOC (usia 1-7 hari) masih memerlukan perlindungan (chicken guard) untuk menjaga dirinya dari kematian.

Tujuan Booding Ayam Kampung
1. Menggantikan tugas induk sebagai pengeram atau penghangat
Alasannya adalah ayam baru bisa mengatur suhu tubuhnya atau thermoregulasi pada usia 14 hari (Chirstina Lisis L. : Technical Support Manager PT. Medion)
2. Percepatan produktivitas ayam
Alasannya adalah sementara DOC dipelihara tersendiri, induk ayam dipaksa untuk memproduksi kembali
3. Perlindungan anak ayam
Alasannya adalah anak ayam dalam usia dini masih rentan terhadap kematian maka dari itu dipakailah sistem chick guard atau perlindungan bagi anak ayam.

Ukuran Ideal Brooder Ayam
Ukuran ideal untuk brooder ayam kapasitas 1000 ekor adalah diameter 4,5 meter berbentuk lingkaran. (info medion). Jika kita belum memelihara sebanyak itu, tentunya ukuran brooder disesuaikan agar perkembangan lebih cepat. Brooder sempit dari kapasitas dapat menyebabkan aktifitas DOC kurang. Sementara brooder terlalu besar dari kapasitas menyebabkan pertumbuhan lebih lama serta membutuhkan sumber panas lebih besar.

Manajemen penempatan perlengkapan brooder
penempatan alat peternakan
Perlengkapan brooder wajib ada adalah :
a. Pemanas
b. Tempat Pakan
c. Tempat Minum
Posisikan perlengkapan seperti gambar di atas! Dengan tujuan setiap kegiatan anak ayam dapat mencapai sumber panas, sumber minum, dan sumber pakan dengan mudah. Posisi dan perlengkapan diusahakan lebih dari 1 dengan tujuan pemerataan agar semua DOC tumbuh dengan merata.

Kesalahan Masa Brooding
Banyak kesalahan dalam cara budidaya ayam kampung dalam masa ini. Berikut kesalahan yang sering terjadi dalam masa brooding :

1. Kandang belum siap, doc sudah datang (Chick in)
Alasannya adalah jika doc mengalami perpindahan tempat sedangkan fungsi brooder belum ada akibatnya ayam mengalami dehidrasi, bahkan menimbulkan stress karena perubahan suhu mencolok.
2. Suhu dan kelembaban tidak tepat
Alasan jika saat DOC tidak mendapat suhu ideal maka cadangan makanan dalam tubuh DOC akan mengeras dan tidak terserap sempurna. Akibatnya nutrisi pada cadangan makanan kurang diserap sempurna. (trobos edisi November 2012). 
Suhu ideal pertumbuhan ayam dapat dilihat di Suhu ideal ayam kampung
3. Kesalahan pemberian pakan
Alasannya adalah saluran pencernaan makanan pada DOC masih lembut dan lemah. Jika pemberian pakan tidak sesuai dengan jenis pakan, akibat terburuk DOC pasti mati karena belum dapat mencerna dengan baik. (trobos edisi November 2012). 
Cara pemberian pakan diulas lengkap pada cara memberi pakan ayam
4. Kesalahan memasukkan dan mengeluarkan DOC dari brooder
Alasannya ayam akan diam, menutup mata, bahkan lebih parah lagi kehilangan nafsu makan.
Solusi : Perlakukanlah DOC pada brooding dengan kalem, jangan tergesa-gesa dan sabar.
5. Kesalahan keluar masuk perlengkapan peternakan
Alasannya membuat suasana menjadi gaduh dan ayam berlarian jika perlakuan perlengkapan brooder (tempat minum dan pakan) terlalu kasar. Pada akhirnya berakibat tubuh saling berbenturan dan jika bahan brooder tidak rata mengakibatkan luka (terutama paruh ayam).
6. Aturlah alas agar selalu kering, usahakan ganti litter atau alas jika basah dengan tujuan menghindari lembabnya brooder yang jelas merugikan DOC.

Contoh Brooder Sederhana dari Kardus
brooder sederhana
Pada bagian atas berilah kawat strimin atau penutup. Alas berupa serat kayu atau kertas koran.
Hal-hal perlu diperhatikan dalam masa brooding ini adalah :
1. Pemberian pakan
Pemberian pakan untuk DOC haruslah tepat supaya anak ayam tidak mati. Lihat jenis pakan untuk ayam usia muda di jenis pakan berdasar umur
2. Analisa Biaya Listrik
Penghitungan biaya pengeluaran tentang kebutuhan pemanas dapat di lihat pada analisa biaya listrik peternakan ayam kampung.

Referensi :
Trobos Edisi November 2012
Info Medion : manajemen brooding
Agus Murtidjo, Bambang (1992) Mengelola Ayam Buras : Kanisius, Yogyakarta

Glossary
Chick guard : Area brooder
Thermoregulasi : Pengaturan suhu tubuh
Chick in : Ayam tiba atau ayam masuk
Baik tidaknya performance ayam di masa selanjutnya, sering kali ditentukan dari bagimana pemeliharaan ayam kampung dalam masa brooding. (Info Medion)
Diperbaharui pada 27 Desember 2012
Selengkapnya ...

Friday, December 14, 2012

Tips Memilih Indukan Ayam Kampung Asli

Sahabat ternak, dalam memulai ternak ayam kampung langkah peternak dalam memilih indukan ayam kampung asli haruslah selektif. Cara ini dilakukan agar mendapatkan hasil ternak sesuai atau sama dengan induknya. Bagaimana memilih induk yang baik untuk di ternakan? Kami ada sedikit tips memilih indukan baik itu pejantan dan betina. Langsung saja

Untuk menciptakan indukan unggul berkualitas dengan produktifitas tinggi perlu adanya pemilihan induk sebagai andalan untuk dikembangkan. Biasanya dalam pemilihan induk ini dapat dibedakan menjadi 2 kategori yakni untuk budidaya pedaging unggul dan petelur unggul. Untuk pedaging biasanya dipilih pejantannya sedangkan petelur dipilih dari betinanya. Adapun cara memilih induk yang baik ditunjukkan meneliti bagian-bagian tubuh ayam kampung dengan ciri-ciri sebagai berikut :

Ciri-ciri Induk Pejantan Ayam Kampung Pedaging Unggul
1. Bentuk Fisik Ayam
a. Badan
Sudah pasti badan atau tubuh ayam besar, tegap, dan kekar menjadi pilihan untuk dikembangkan. Dengan alasan tubuh besar mampu menghasilkan daging yang besar pula.
b. Kaki
Kaki biasanya dipilih yakni berwarna kuning, kekar, dan sisiknya rapi. Dengan alasan tulang badan juga besar dan kaki kuning lebih diminati ketimbang kaki putih atau hitam. Banyak orang percaya bahwa kaki kuning akan menimbulkan kaldu bila dimasak seperti soto, sup dan lain sebagainya.
c. Bulu
Bulu sering dijadikan sarana daya tarik ketika masih hidup. Bentuk bulu pun diusahakan cari dengan warna dasar yakni hitam. Ada kalanya warna bulu juga menjadi petimbangan dengan alasan warna bulu tertentu memiliki kualitas genetik bagus ketimbang warna lain. Kami lebih memilih warna hitam seperti wiring kuning sebagai andalan dengan alasan masih menjadi incaran bila mencari induk pejantan. Anda dapat melihat berbagai jenis bulu pada artikel kami sebelumnya pada macam-macam bulu ayam kampung. Selain warna bulu bentuk bulu tersusun rapi mencirikan ayam tersebut sehat.
2. Tingkah Laku Laku
3. Umur Ayam
4. Jenis Kelamin Ayam
5. Primbon Jawa Tentang Ayam Kampung
Menurut budaya Jawa, kita dapat memilih induk ayam dengan berdasarkan primbon. Seperti apa pemilihan induk lewat primbon? Lihat di kejayaan ayam menurut warna kaki
6. Keturunan Ayam Unggul
7. Produktifitas Induk Ayam 
8. Tahan Penyakit

contoh induk pejantan kampung unggul
induk pejantan
Tips memilih induk pejantan unggul adalah sebagai berikut :
1. Jelas memilih ayam yang sehat. Ciri ayam sehat lihat di tanda ayam kampung yang sehat
2. Memiliki taji, atau jalu serta lanjur (bulu memanjang di ekor) 
3. Warna lebih cerah dimaksudkan lebih cepat terjadi pembuahan
4. Sudah berkokok
5. Paruh pendek mencirikan ayam tumbuh dengan cepat dan besar
6. Dari tingkah laku pilih yang lebih aktif

Ciri-ciri Induk Betina Ayam Kampung Petelur Unggul
1. Bentuk Fisik Ayam
a. Badan
Badan besar mencirikan induk mampu bertelur dengan banyak serta besar
b. Kepala
Pada bagian kepala sering dijadikan pedoman yaitu jengger. Jengger merupakan bagian tubuh ayam kampung dan jika jengger betina lebih lebar dan besar mampu bertelur di atas rata-rata ayam kampung asli yakni 12-14 butir
c. Bulu
Ciri petelur unggul yakni berbulu mengkilat kehijauan atau halus. Biasanya untuk bulu berwarna hitam lebih mudah dikenali. Bulu tertata rapi berarti tanda kalau ayam itu sehat.
d. Kaki
Seperti kaki untuk pedaging kaki dipilih untuk warna kuning agak kemerahan.
e. Umur
Umur betina terbaik yaitu masih dalam masa produksi antara umur 9 bulan hingga 1 tahun 5 bulan.
Contoh induk betina petelur unggul
induk betina
foto induk betina dari ternakanayam.wordpress.com/ 

Ciri Keunggulan Ayam Kampung Asli
Seperti dikutip pada Balitnak Ayam KUB (Ayam Kampung Unggul Balitnak) didapat karakter indukan berkualitas dengan keunggulan berikut :
1. Warna bulu beragam seperti ayam pada umumnya
2. Berat badan 1,2 hingga 1,6 kg
3. Bobot telur 35-45 gram
4. Umur pertama kali bertelur yaitu 20 - 22 minggu
5. Dapat menghasilkan telur sebanyak 130-160 butir per tahun
6. Lebih tahan penyakit dan lain sebagainya.
Untuk memperbaiki indukan sebagai petelur setidaknya dapat mengimbangi ciri dari kriteria ayam KUB tersebut.

Tips memilih induk betina ayam kampung unggul untuk praktiknya adalah sebagai berikut :
1. Lihatlah beberapa ciri-ciri fisik seperti di jelaskan di atas.
2. Pegang tubuh ayam dengan kedua tangan dan bandingkan bila ada beberapa pilihan
3. Untuk mengetahui masa produksi tekan di bawah dubur ayam, jika terasa keras itu tanda ayam betina sudah tua.
4. Tanda ayam tidak mengeram dengan baik adalah bentuk jengger yang kecil dan pesek.
5. Dari penampakan tubuh ayam betina terlihat panjang dan tidak kerdil
6. Ciri lain ayam bertelur besar adalah paruh pendek dan kaki besar serta ada ujung hitam di bulu ekor
7. Cari ayam betina bersih, jika ditemukan kotoran maka dipastikan ayam betina tersebut sakit cirinya adalah hidung, mata tanpa air, dubur bersih.
8. Saat di pegang mata tidak merem dan berusaha berontak.
Memang memilih induk ayam kampung unggul memang susah dikarenakan harus memenuhi beberapa kriteria tersebut. Memang untuk sekarang ini banyak peternak maupun ayam di pasaran sudah hasil persilangan seperti ayam bangkok dengan ayam kampung, ayam petelur dengan ayam kampung dan lainnya dengan tujuan mendapatkan ayam kampung unggul. Itulah sebabnya proses pembudidayaan ayam kampung terbilang lama. Untuk mendapatkan ayam kampung unggul memang membutuhkan kesabaran bukan? Jadi, kenapa kita tidak memilih ayam kampung dari sekarang? Akhir kata salam sukses peternak ayam Indonesia!

Diperbarui 11 Maret 2013
Selengkapnya ...

Monday, December 10, 2012

Tanda Ayam Kampung Yang Sehat

Sahabat ternak! Menjawab dari pertanyaan yang diajukan teman-teman bahwa apa ciri ayam yang sehat? Tanda ayam kampung sehat adalah ayam yang tidak sakit. Ini benar, kami tidak mengada-ada atau bercanda mengenai ini. Waktu lalu kami menulis bagaimana tanda-tanda ayam sakit. Nah kali ini adalah kebalikannya yaitu mencermati ayam yang sehat. Ayam terlihat sehat belum tentu 100% sehat. Untuk itu sesuai pengalaman kami sebagai peternak ayam kampung pemula kami ingin berbagi tentang cara mengetahui ayam yang sehat. Dengan tujuan mencegah terjadinya penyakit ayam kampung sedini mungkin.

1. Fisik
Ayam sehat dapat diketahui dengan ciri-ciri fisik atau bagian tubuh ayam kampung tersebut.
a. Mata
Bagian mata merupakan bagian penting untuk kelangsungan hidupnya. Mata yang terganggu dapat menyebabkan ayam susah beraktifitas sehingga pertumbuhan sudah pasti terhambat. Ciri mata yang sehat adalah bening, terlihat bulat penuh, tidak merah namun putih, sekitar pelipis merah bukan biru, serta jika dipegang lehernya mata tidak menutup. Serta paling penting adalah tidak ada benjolan di sekitar mata

b. Jengger
Jengger, pial dan bagian tubuh lain sekitar kepala terlihat merah membara. Jika jengger dan kepala sudah berubah warna menjadi kuning maka dipastikan ayam mengalami gangguan. Apalagi sampai berwarna kebiruan pucat. Jelas tanda ayam tersebut terserang penyakit. Untuk bagian kepala ayam sehat akan menjulurkan leher dan kepalanya, bukan sebaliknya melipat seperti menyembunyikan di atas sayapnya.

c. Hidung dan mulut
Hidung yang tersumbat, berair dan kotor seperti debu, tanah, bahkan sisa-sisa makanan dipastikan saluran pernapasannya terganggu. Sudah pasti ayam ini tidak sehat. Pada mulut bisanya tidak terlihat mengaga sementara bila dibuka maka rongga mulut akan tidak terlihat kotor atau berwarna gelap.

d. Bulu
Bulu ayam yang sehat akan tertata rapi, tidak mengembang, tidak pecah-pecah, dan jika diraba akan terasa kesat dan tebal. Pemeliharaan yang kurang tepat mungkin ini terjadi pada ayam yang sehat. Untuk itu bagian bulu kurang dijadikan pedoman untuk mengetahui tanda ayam yang sehat.

e. Kaki
Ayam yang sehat biasanya kuning, putih atau hitam pekat (tergantung jenis kakinya). Ayam yang tidak sehat diawali pula dengan berubahnya warna kaki yang semula kuning menjadi kehijauan, kebiruan dll. Ini dikarenakan kaki ayam sensitif terhadap kelembaban air meski di suhu normal.  Untuk yang paling sulit adalah yang berwarna hitam. Itu baru segi warna, ayam yang sehat kakinya tegak (tidak ditekuk) dan pada jari biasanya rata. Jika terlihat jari seperti kacang yaitu jari kaki bergelombang tidak rata maka ayam sedikit terganggu.

f. Kloaka
Kloaka atau anus pada ayam biasanya dijadikan pedoman pengecekan ayam yang sehat. Ayam sehat tidak akan ada sisa kotoran yang menempel di anus. Untuk itu pengecekan anus untuk mengetahui ayam yang sehat adalah bagian yang termudah. Biasanya sering terjadi pada cara pemeliharaan DOC kurang tepat. Jika dibiarkan akan menimbulkan pengerasan kotoran pada ayam. Lihat akibatnya di bubul anus DOC ayam kampung

2. Psikis
a. Nafsu Makan
Nafsu makan sering juga dipakai untuk mengecek ayam yang sehat. Ayam yang sehat akan rakus berebut makan sedangkan ayam yang kurang sehat akan selalu menyendiri bila makan. Ingat berebut makan dengan berdesak-desakan saat makan adalah tanda yang berbeda. Berdesak-desakan itu berarti tempat makan perlu ditambah kapasitasnya.

b. Aktifitas
Ayam yang sehat akan selalu beraktifitas sama seperti teman-teman lainnya. Semakin banyak aktifitas maka ayam tersebut adalah ayam sehat. Jika ayam menunjukkan aktifitas lain selain teman-temannya dimungkinkan ayam tersebut tidak sehat. Ayam kurang sehat biasanya banyak minum seperti pada saat ayam kepanasan.

c. Pernafasan
Seperi halnya hidung ayam, ayam sehat akan lancar dan tanpa suara. Jika terjadi masalah ayam ngorok atau bersin, bahkan ayam terengah-engah, sudah dipastikan ayam tersebut tidak sehat. Untuk pernafasan bisa dicek pada malam hari dalam keadaan gelap gulita maka pernafasan ayam akan terdengar jelas.

d. Ayam akan bermain sendiri
Ayam yang kurang sehat akan bermain-main sendiri seperti makan di tempat tersendiri, makan tidak sekali lahap, dan sering mematuk area kandang.

e. Banyak minum
Ayam yang kurang sehat akan banyak minum ketimbang makan. Sehingga ayam kekurangan nutrisi dan pasti akan mati jika tidak ditangani dengan segera.

3. Gejala Teknis
a. Berak
Tanda ayam yang sehat adalah berak yang kering, menggumpal dan berwarna hitam, kecoklatan. Sementara ayam yang kurang sehat bisa berwarna hijau, kuning, ataupun putih dan berair atau mencret. Untuk gejala seperti ini mungkin ayam terkena penyakit berak kapur.

b. Makanan
Ayam yang sehat akan memilih jenis makanan yang lebih besar dibanding jenis makanan yang lebih lembut. Jadi sudah dipastikan bahwa ayam yang kurang sehat akan makan yang tepung. Atau jika ayam memilih makanan butiran besar dan tidak sekali telan maka ayam tersebut kurang sehat. Bila ayam menceker-ceker pakan tanpa memakan sedang perut masih kosong, maka ayam tersebut tidak sehat.

Itulah sedikit pengalaman kami mengenai tanda ayam sehat untuk dijadikan pedoman pemeliharaan khususnya untuk kami sendiri ke depannya. Salam sukses peternak ayam kampung Indonesia!
Selengkapnya ...

Monday, December 3, 2012

Vaksin Untuk Ayam Kampung

vaksin ayam
Vaksin untuk ayam khususnya ayam kampung ada berbagai bentuk jenis dan fungsinya. Dalam peternakan ayam pemberian vaksin adalah kebutuhan wajib untuk pencegahan dengan menekan terjadinya penyakit pada ayam. Pemberian vaksin atau vaksinasi yang tidak tepat mengakibatkan tindakan yang sia-sia. Atau bahkan menimbulkan dampak yang sebaliknya. Dalam halaman ini kami ingin berbagai tentang vaksin untuk ayam kampung.

Arti Vaksin
Pembuatan vaksin sendiri menggunakan virus atau mikro organisme yang telah dilemahkan namun masih hidup (aktif) dan ada vaksin yang telah dimatikan (inaktif). 

Macam-macam Vaksin
Vaksin menurut sifat hidup antigennya atau antibody buatan tersebut dapat dibagi menjadi 2 kategori. Macam-macam vaksin menurut antigen pembentuknya dibagi menjadi 2 yaitu :
a. Vaksin aktif (Aktif namun sudah lemah)
Seperti tersebut di atas bahwa vaksin aktif berupa virus atau mikro organisme yang masih hidup namun tidak berbahaya karena sudah dilemahkan. Vaksin aktif dapat diketahui dengan dibuat biasanya menggunakan kemasan vial dan berbentuk beku seperti tablet. 
b. Vaksin Inaktif (yang dimatikan)
Vaksin inaktif adalah virus yang telah dimatikan atau diinaktifkan. Sedangkan untuk mengetahui vaksin tersebut inaktif biasanya berupa suspensi atau emulsi (cair).

Dalam kasus yang terjadi vaksin untuk ayam hanya dibuat untuk penyakit tertentu. Dengan ditemukannya penyakit ganda maka dibuatlah vaksin untuk ayam berupa vaksin kombinasi. Vaksin kombinasi ini dibuat berdasarkan jumlah antigennya. Vaksin kombinasi dibuat agar lebih efektif dan efisien menagani masalah penyakit ganda pada ayam sekaligus pencegahan.

Fungsi Vaksinasi
Vaksinasi atau pemberian vaksin mempunyai fungsi untuk membentuk dan menambah anti bodi semacam kekebalan tubuh bagi ayam agar terhindar dan kebal terhadap berbagai penyakit dan pada akhirnya produksi akan optimal.

Tujuan Vaksinasi
Vaksinasi atau pemberian vaksin diharapkan sebagai langkah proteksi atau perlindungan terhadap virus (mikroorganisme) merugikan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit unggas.

Jenis-jenis Vaksin
Seperti kita tahu bahwa penyakit yang disebabkan oleh virus tidak selalu bisa diatasi dengan pemberian obat atau multivitamin saja. Dengan demikian dibentuklah berbagai jenis vaksin yang dapat langsung bekerja untuk menangani virus merugikan tersebut. Berdasarkan jenis antigennya vaksin dibedakan menjadi 3 yaitu :
a. Vaksin Viral
b. Vaksin Bakterial
c. Vaksin Protozoa
Pemberian vaksin bakterial dan vaksin protozoa biasanya diberikan pada pencegahan penyakit yang susah ditangani bahkan sering datang kembali karena pengaruh bakteri yang amat kecil dan susah diserap pembuluh darah. Berikut jenis-jenis vaksin menurut gloryfarm :
jenis vaksin
Tata Laksana atau cara pemberian vaksin untuk ayam kampung
Sering terjadi di peternakan ayam bahwa peternak sudah memberikan vaksin namun masih terjangkit penyakit. Masalah tersebut terjadi karena peternak tidak mengetahui secara pasti vaksin apa yang harus diberikan. Asal diberi vaksin sudah beres, apakah ini benar? Jawabannya adalah kesalahan besar. Seperti dijelaskan pada paragraf pertama bahwa pemberian vaksin yang semula untuk menambah kekebalan tubuh justru menimbulkan dampak dari virus yang dapat merugikan. Dalam tata laksana ini kami ingin berbagi dan belajar seputar cara memberi vaksin pada ayam khususnya ayam kampung. Seperti halnya langkah-langkah pengobatan ayam pemberian vaksin untuk ayam kampung harus memperhatikan 3 langkah vaksinasi. 3 Langkah tersebut adalah ketepatan pemberian vaksin, waktu pemberian vaksin, dan cara tepat pemberian vaksin menurut jenis dan fungsinya.

1. Ketepatan pemberian vaksin
Pemberian vaksin dilakukan dengan cara suntik, tetes mata atau hidung serta dengan cara memberikan pada air minum ayam. Pemberian vaksin dapat dilakukan dengan cara menyemprot dengan alat semprot agar terhirup oleh ayam. Namun tidak semua vakin untuk ayam baik untuk ayam (jenis dan fungsinya) maka dari itu kita harus jeli jenis dan vaksin apa yang harus diberikan untuk ayam kita.

Vaksin diberikan agar masuk ke dalam tubuh ayam. Jadi jika kondisi vaksin tersebut rusak maka tindakan vaksinasi adalah sia-sia. Paling parah lagi ayam tidak kebal malah akan menjadi pembawa penyakit baru dan bahkan mati. Jadi pastikan kondisi vaksi dalam keadaan steril dan masih baik.

2. Waktu pemberian vaksin ayam
Seperti sudah terlampir dalam daftar tabel bahwa waktu pemberian vaksin adalah tertera pada tabel munurut usia dan caranya.

3. Cara Tepat memberikan vaksin
Pemberian vaksin diberikan setelah 2 jam diencerkan.Pengalaman kami dalam pemberian vaksin jika air pengencer vaksin kurang atau tumpah, bisa di ganti dengan air kelapa muda, dosis silakan menyesuaikan. Banyak artikel menyebutkan bahwa air kelapa muda dapat bertahan 2 jam lebih lama setelah di encerkan.

Berikut ini contoh vaksin dari beberapa penyedia vaksin unggas
Sumber Phoultry Shop kategori vaksin ayam.

Gossarium
Injeksi = suntikan
Subkutan = adalah lapisan lemak dari jaringan yang terletak di bawah dermis dan di atas otot dan fasia
Emulsi =  cair
Selengkapnya ...
 
Copyright © 2010-2014 Ternak Ayam Kampung • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top