Friday, September 14, 2012

Penyakit ND Pada Ayam Kampung

Penyakit untuk ayam khususnya ayam kampung salah satunya adalah ND (Newcastle Diseae). Dalam dunia peternakan ayam ND adalah penyakit lama yang sering muncul dalam kandang. Ayam akan selalu terserang penyakit ini jika situasi dan kondisi kandang ideal untuk pertumbuhan virus ini. Dalam posting ini kami mencoba mengulas tentang penyakit ND pada ayam. Dan berikut penjelasannya.

ND (Newcastle Disease) atau lebih kita kenal dengan nama penyakit tatelo  atau berbagai sebutan penyakit ini adalah Sampar ayam, pseudovogolpest, Rhaniket, Pneumoencephalitis dan Tontaor furrens adalah penyakit yang disebabkan oleh virus genus paramyxovirus dengan tingkat kematian yang tinggi.

Kategori ND
a. Velogenik
Kategori velogenik adalah jenis penyakit ND yang tergolong ganas. Ada 2 macam velogenik tersebut (namanya diambil dari nama benua) Sedangkan yang paling akut adalah tipe Asia :

1) Velogenik Visceritropik (Tipe Asia)
2) Velogenik Pneumoencephalitis (Tipe Amerika)
Ini contohnya tipe yang sering dicantumkan pada vaksin ayam : Milano, Herts, Texas

b. Mesogenik
Kategori mesogenik adalah jenis penyakit ND yang tergolong sedang. Ini contohnya tipe yang sering dicantumkan pada vaksin ayam : Mukteswar, Kumarov, Hardfordhire dan Roakin

c. Lentogenik
Kategori lentogenik adalah jenis penyakit ND yang tergolong ringan. Ini contohnya tipe yang sering dicantumkan pada vaksin ayam : B1, F dan La Sota

d. Asymtomatik
virus baru yang masih diteliti. Katanya berkategori lemah

Karakter dan Sifat Penyakit ND
Saya bukan ahli peternakan ayam kampung namun dari berbagai sumber yang saya baca, saya praktikkan kemudian saya bandingkan dan berikut penjelasannya semoga sahabat ternak dapat lebih memahaminya. Penyakit ND sering menimbulkan kematian yang tinggi dengan kurun waktu yang sangat cepat. Sifat virus ini adalah :
1. mengumpulkan sel atau butir darah merah
2. virus akan mati selama 2 detik jika di bawah sinar ultraviolet
3. mudah mati jika dalam suhu yang tidak stabil
4. rentan terhadap zat kimia seperti kaporit, besi kalor dll
5. aktifitas virus pada pH3 sampai pH11
6. akan mati pada suhu 100 derajat C
7. akan menular selama 1-2 hari setelah salah satu terinfeksi
8. untuk vaksin akan kebal selama 6-12 bulan

Cara Penularan Penyakit ND
Penyakit ND terutama tercemar atau mudah menular melalui udara. Banyak cara penyakit ini dapat menular misal dari ayam yang terserang penyakit ND kemudian batuk kemudian berimbas dari ayam yang lain, dari kandang ke kandang yang lain. Dan berbagai cara penularan penyakit ND tersebut.

Ciri-ciri dan gejala penyakit ND
Seperti dijelaskan pada kategori penyakit ND tanda-tanda penyakit dan ciri maupun gejalanya juga berbeda.
1. Tipe Asia
Kematian 80-100%
Menyerang sistem pernafasan dan syaraf  (megap-megap, lumpuh, mencret disertai darah dan kurangnya nafsu makan) umumnya timbul gejala sekarat dengan jumlah banyak.
Ciri lainnya yang lebih mudah dikenali adalah dengan kepala digulung ke dalam sayap.

2. Tipe Amerika
Kematian 60%-80%
Menyerang sistem pernafasan dan syaraf  (megap-megap, lumpuh, mencret disertai darah dan kurangnya nafsu makan) umumnya timbul gejala sekarat dengan jumlah sedang
3. Mesogenik
Kematian 10%
Menyerang sistem pernafasan dan syaraf  (megap-megap, lumpuh, mencret disertai darah dan kurangnya nafsu makan) umumnya timbul dengan jumlah sedikit
4. Lentogenik
Gejala gangguan pernapasan ringan dan tidak menyerang syaraf.

5. Asymtomatik
Tidak timbul gejala pernapasan

Pada ayam muda biasanya terlihat mati mendadak tanpa ada penyebab. Serta pada ayam dewasa adalah kurangnya produksi telur. Tentang penyakit ND pada ayam kampung bisa kita lihat dan didownload melalui link berikut : tentang penyakit ND.


0 Komentar:

Post a Comment

Anda pengunjung baru? Lihat cara beternak ayam kampung di Halaman Utama Ternak Ayam Kampung Artikel baru akan selalu tampil lebih awal.

 
Copyright © 2010-2014 Ternak Ayam Kampung • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top